11 Cara Unik Memberi Salam di Berbagai Negara,#Salimitubaik!

KANDHANI.COM– Bersalaman menjadi salah satu tradisi yang digunakan untuk menyapa atau menghormati. Nah, tahukah kamu kalau ternyata di setiap negara memiliki ciri khas dan budaya salaman yang berbeda-beda?Bahkan nggak hanya caranya saja tetapi sebutannya pun berbeda.

Sesuai dengan tema #Salimmovement dan #Salimitubaik yang diusung tim Kandhani maka kamu perlu tahu informasi unik yang terangkum dalam ulasan di bawah ini.

Yuk, simak beberapa negara yang memiliki cara unik saat memberi salam.

1. Salim-Indonesia

Kamu pasti sudah sering melakukannya, kan!Pasalnya menurut hasil riset yang dilakukan oleh tim Kandhani dari 194 responden yang berstatus sebagai mahasiswa di beberapa kota, terungkap bahwa 98,4% mengenal tradisi ini sejak kecil dala keluarga. Bahkan 61,9% memilih salim sebagai simbol untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua.

Salim yang mereka lakukan bermacam-macam, mulai dari menempelkan tangan ke pipi, ke kening atau pun mencium punggung telapak tangan. Sementara  37,1% responden lebih nyaman untuk menjabat tangan sebagai rasa penghormatan sambil menundukkan badannya.

2. Hongi- Selandia Baru

Salam hongi menjadi identitas cara memberi salam penduduk asli selandia baru, khususnya Maori melakukan salam dengan menempelkan hidung antar dua orang, bagi mereka artinya “berbagi nafas kehidupan”. Terlihat unik dan romantis ya?

3. Namaste- India

Di India salam dilakukan dengan menekup kedua tangan dan meletakannya di dada sambil mengucap kata ” Namaste”. Ada banyak definisi arti yang muncul dari kata Namaste, mulai dari “Engkau adalah Aku, Engkau dan Aku adalah satu,”, “Saya menghormati Anda-menghormati Tuhan dalam diri Anda,” dan “Semoga jalan pikiran kita selaras”. Namun kesemua arti tersebut memiliki pemaknaan yang sama sebagai rasa penghormatan dan saling mendoakan antar sesama.

4. Menjulurkan lidah- Tibet

Kamu memiliki impian traveling hingga ke negeri Tibet?Nah, kamu wajib tahu bahwa ada yang unik dilakukan dengan masyarakat Tibet. Menjulurkan lidah menjadi tradisi yang dilakukan untuk saling menyapa, loh!Menurut sejarahnya hal ini dilakukan karena pada abad ke-9 saat pemerintahan Raja Lang Darma, ia memiliki lidah yang berwarna hitam dan tergolong kejam.

Lalu, masyarakat Tibet percaya bahwa Sang Raja akan lahir kembali atau reinkarnasi maka menjulurkan lidah menjadi bukti bahwa mereka bukan reinkarnasi dari Raja Lang Darma.

5. Wai-thailand

Cara salam di thailand diberi julukan Wai yang mirip dengan salam di India. Mirip posisi berdoa, namun Wai disertai dengan badan yang lebih membungkuk untuk menunjukan rasa hormat sebagai pengganti jabat tangan. Semakin tinggi posisi tangannya maka semakin tinggi rasa hormatnya.

Baca juga :

  1. Salim Movement, Kenali dan Cari Tahu Lebih Dalam Tradisi Salim
  2. 5 Kiat Jitu Hadapi Deadline agar Bebas dari Stres
  3. 5 Tips Bikin Kuliah Makin Produktif, Begini Caranya…

6. Meludah- Kenya dan Tanzania

Salam yang unik dan juga aneh terjadi di suku Maasai yang terletak di Kenya dan Tanzania, mereka melakukan salam dengan meludah satu salam lain, bagi mereka meludah menunjukan rasa hormat yang besar. Unik nya lagi para pemuda harus meludahi tangan sebelum melakukan jabat tangan. sudah terbayangkan bagaimana sensasi memberi salam dengan meludah?

7. Jabat tangan- Tiongkok

Sekilas untuk memberi salam di cina terlihat seperti pada umumnya yaitu jabat tangan. Tapi disana jabat tangan harus dilakukan dengan waktu singkat dan badan membungkuk sedikit, uniknya kontak mata dilarang saat bersalaman, kita dianggap kurang sopan jika melakukan kontak mata.

8. Kunik- Alaska

Skimo kiss alias salam Kunik sudah menjadi budaya bagi orang Inuit yang tinggal di Alaska, salam ini biasanya dilakukan kepada pasangan atau keluarga. Caranya hampir mirip dengan Hongi yaitu dengan menempelkan hidung satu sama lain plus ditambah sentuhan bibir pada bagian atas. Uniknya salam ini, jika dilakukan dengan mengendus tandanya sedang menunjukan rasa kasih sayang. Romantis banget, kan?

9. Tepuk tangan- Zimbabwe

Tepuk tangan biasanya diartikan sebagai rasa apresiasi ternyata hal ini berbeda jika kamu berada di Zimbabwe. Pasalnya, tepuk tangan dianggap sebagai bentuk ucapan selamat tinggal. Wanita dan laki-laki memiliki cara tepuk tangan yang berbeda, laki-laki menepuk dengan tangan yang lurus sedangkan wanita dengan tangan yang ditangkupkan.

10. Diberi hada- Mongolia

Siapa sih yang nggak suka hadiah? Semua orang pasti menyukainya. Nah, jika kamu mengunjungi Mongolia maka kamu akan mendapatkan Hada atau hadiah sebagai cara salamnya yang unik dan mengesankan.  Biasanya pilihan selendang sutra yang diberikan sebagai Hada kepada tamu sebagai bentuk penyambutan. Lalu, kamu juga perlu tahu bagaimana menerima Hada dengan baik. Yaitu dengan dengan menggunakan kedua tangan yang dibentang dan badan sedikit menunduk.Wah,seru banget ya!

11. Sogi-Tuvalu

Pernah dengan nggak negara Tuvalu?Negara Tuvalu ini adalah negara kepulauan yang terletak diantara Hawaii dan Australia di Samudera Pasifik. Negara ini berdekatan dengan Fiji. Nah, yang unik dari warga Tuvalu adalah saat memberi salam yang jauh berbeda dengan yang lain. Mereka memberi salam dengan menekan wajah seseorang di pipi dan mengendusnya, cara salam ini disebut Sogi. Arti Sogi sendiri adalah ekspresi untuk berbagi yang selalu dilakukan pada teman dan keluarga.

Gimana, takjub nggak sih mengenal ternyata tradisi bersalaman unik juga dilakukan oleh berbagai negara. Jika nanti kamu mengunjungi 11 negara tersebut coba praktikkan ya!

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


 Sari Lestari