5 Aplikasi Mudahkan Belajar Online, Mana Favoritmu?

KANDHANI.COM-Penyebaran pandemi virus Corona yang sudah mendunia membawa banyak dampak besar diberbagai bidang. Sesuai aturan pemerintah untuk berada #dirumahaja maka semua kegiatan pun secara langsung dikerjakan dari rumah. Salah satunya dampak yang sangat terasa bagi para pelajar adalah sistem pendidikan yang akhirnya mengubah konsep kegiatan belajar mengajar dengan pembelajaran online. Beberapa yang terbiasa dengan belajar online mungkin tidak menemukan kendala tetapi jika terbiasa belajar langsung dan tatap muka maka tantangan lebih nyata. Mengubah kebiasaan untuk belajar  mandiri dan aktif untuk generasi rebahan jadi tugas baru. Untungnya, sekarang banyak platform atau aplikasi yang membantu dan memudahkan akses belajar online.

Nah, setelah dua pekan belajar online dari rumah, mana platform online yang mudahkan belajar dan jadi pilihanmu

1. Zoom clouds

Gerakan #dirumahAja menjadi banyak orang yang memiliki kebiasaan beraktivitas di luar menjadi terbatas dan menggantinya dengan kegiatan lain atau beraktivitas yang sama tapi melalui media, zoom clouds salah satu solusinya. Aplikasi memakai konsep screen sharing yang dapat digunakan untuk meeting, chatting, konferensi hingga webinar dengan kapasitas lebih dari 100 partisipan yang dapat diundang. Aplikasi meeting online ini dapat di unduh di PC, Laptop hingga seluler.

Untuk mahasiswa yang menerapkan kuliah online aplikasi ini akan  sangat membantu untuk sharing materi secara langsung dari dosen dan memudahkan untuk memberi respon atau diskusi secara cepat. Walaupun #dirumahAja tapi tetap bisa produktif kan ya?

2.Hangouts meet

Melakukan diskusi dengan tulisan kadang kurang memuaskan atau sering menjadi kendala dalam komunikasi bagi banyak orang, hangouts meet ada untuk memudahkan tatap muka via video call. Pengaksesan ruang diskusi ini juga sangat mudah, hanya dengan membagikan link untuk anggota yang lain dapat ikut serta di ruang diskusi. Hangout meet bisa menampung 250 partisipan bahkan bisa melakukan live streaming hingga 10 ribu penonton. 

Udah kebayang dong gimana mudahnya belajar online dengan dosen  via hangouts meet yang mudah untuk diakses, yuk dicoba!

3. Ruang guru 

Kebijakan pemerintah untuk semua sekolah sementara belajar #dirumahaja dengan tetap memberikan pelajaran yang maksimal dengan bantuan platform digital untuk membantu dalam belajar mengajar walaupun jarak jauh menjadi alasan ruang guru sebagai pilihan alternatif yang sangat membantu. Sekolah online satu ini membantu untuk siswa untuk belajar secara daring (live teaching) yang dapat langsung diakses di aplikasi Ruang Guru oleh siswa dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA/IPS). Siswa dapat mengikuti pembelajaran sekolah online mulai dari pukul 08.00-12.00 WIB, pada sekolah online ini terdapat 16 kanal teaching yang dapat dipilih sesuai kebutuhan mata pelajaran siswa. 

Tidak hanya ruang guru yang mengambil peran membantu kebutuhan pendidikan, beberapa operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi seperti Smartfren dan Telkomsel bekerjasama dengan memberikan free akses RuangGuru sebesar 30 GB untuk akses kelas belajar online.

Jadi makin produktif ya untuk belajar onlinenya!

4. Quipper 

Dilansir dari kemendikbud, quipper merupakan platform belajar melalui daring yang terdapat di empat negara yaitu Jepang, filipina, meksiko dan indonesia salah satunya. Aplikasi ini memberikan free akses bagi sekolah, guru dan siswa untuk belajar #dirumahaja untuk gerakan pemutus rantai virus pandemi kali ini. Quipper memberikan layanan quipper school yang guru memberikan tugas dan memonitoring hasil kerja siswa. Pada aplikasi ini juga memberikan akses belajar seperti video, modul, kumpulan soal ujian Nasional hingga Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri untuk dari SMP hingga SMA diseluruh indonesia.

5. Sekolahmu

Sekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia. Berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang. Sekolahmu memberikan banyak fasilitas belajar hingga kolaborasi untuk membantu pendidikan yang merasa disemua penjuru negeri. Platform ini memberikan fasilitas paket belajar, persiapan ujian, paket belajar khusus hingga persiapan karier yang dapat diakses oleh siswa, guru, sekolah hingga orangtua yang dapat langsung berkontribusi dalam perkembangan belajar anak saat #dirumahaja. 

Salah satu program sekolahmu untuk mendukung gerakan #DirumahAja adalah memberikan home learning dari pra-sekolah hingga SMA, sekolahmu juga memberikan sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel. 

Belajar dirumah secara online bukan halangan untuk tetap aktif dan kreatif, karena gerakan #DirumahAja juga salah satu cara kita agar bisa belajar banyak hal baru dari berbagai sumber dan beragam media. Kalian bisa mencoba platform yang sudah ada dan memaksimalkan pemanfaatannya ya! Tidak pergi kesekolah atau kuliah bukan berarti akses belajar juga berhenti, banyak sekali media dan platform yang saat ini memberikan banyak akses belajar online gratis yang bisa dicoba dan pastinya dari sumber terpercaya. Tetap #dirumahaja sambil #terusbelajar walau diwaktu sulit.

 

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


SARI LESTARI