5 Jurus Kuliah Online Sukses Siap Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru

KANDHANI.COM –  Setelah menghabiskan masa libur semester yang cukup panjang, para mahasiswa sudah mulai kembali beraktivitas dan memulai perkuliahan. Kebanyakan akan sangat bersemangat karena bisa kembali bertemu dengan teman lama ataupun menjalin dengan pertemanan yang baru. Sayangnya, mahasiswa harus bersabar dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru yang membatasi untuk berinteraksi secara langsung. Alhasil, beberapa mahasiswa kehilangan semangat untuk memulai kuliah perdana.

Nah, untuk menghadapi persoalan tersebut ada banyak cara lho yang bisa dilakukan. Kandhani.com mendapatkan kesempatan dari mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro. Mau tahu jurus dan rahasia yang mereka lakukan. Yuk, simak keterangannya di bawah ini :

  1. Mengenakan baju favorit

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by faradisca rambu anarki (@angeliaa_____) on

Mahasiswi semester tiga yang bernama Angelia Faradisca membagikan postingannya dengan menggunakan kemeja favorit yang berwarna hitam saat kuliah perdana. Agar kuliah makin bersemangat Angel dengan akun Instagram angeliaa____ mengungkapkan bahwa untuk menambah mood belajar maka memakai baju-baju favorit yang jarang tersentuh karena lebih sering berada di rumah tetap bisa bikin semangat naik.

  1. Mendisplay sang idola biar terjaga

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by DHISA (@dhisaasiswand) on

Bagi Dhisa Siswandari yang mengidolakan NCT dan EXO menjadi penting ketika memajang deretan para idola menemani saat belajar. Penggemar band k-pop ini bahkan mengumpulkan botol-botol minum kemasan yang berhiaskan boyband idolanya dan menyusun dengan rapi di atas meja belajar. Menurutnya jurus ini justru bisa melepas lelah dan penat saat belajar online. Selain itu, Dhisa juga tidak ketinggalan ikut memajang hadiah dari seseorang yang spesial agar merasa terus ditemani sehingga membuatnya semakin semangat.

  1. Berdoa dan niat yang tulus

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by Yehezkiel Antonius Wijayanto (@yehezki) on

Dalam video postingannya, mahasiswa yang bernama Yehezkiel Antonius Wijayanto menggambarkan kesehariannya saat memulai aktivitas belajar online. Pada video tersebut, Hezki, panggilan akrab mahasiswa semester tiga memulainya dengan berdoa dan niat untuk belajar yang penuh. Fokus pada tujuannya belajar tanpa banyak berpikir dan menuntut membuat dirinya lebih leluasa saat harus menjalani kuliah online.

  1. Mencari Tempat Ternyaman

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by Arjuna Rafi (@arjunarafisyauqie) on

Meskipun baru semester tiga, Arjuna Rafi Syauqi dalam postingannya berbagi mengenai aktivitas menjalankan kuliah online. Meskipun sambil bekerja di salah satu crowd funding yang bergerak di lingkungan hidup tetapi Arjun panggilan akrabnya mampu bersemangat dengan jurus mencari tempat ternyaman. Menurut mahasiswa yang juga aktif dalam pers kampus Wartadinus, produktivitas, kreativitas dan kenyamanan didapatkan dari lokasi coworkingspace yang nyaman. Tentunya yang menawarkan ambience bekerja dan belajar dengan baik.

  1. Menjaga imun tubuh

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by @ichsaniprabowo on

Lain halnya dengan mahasiswa yang bernama Ichsani Prabowo  yang punya jurus sukses kuliah online dengan menjaga imun tubuh. Pasalnya, jadwal kuliah online yang sudah mulai padat dan siap berkonsentrasi mendengarkan dosen menjelaskan materi dari layar monitor laptop membutuhkan energi yang besar. Menyiapkan minuman favorit pun bisa jadi solusi agar tubuh segar dan kuliah biar tetap lancar. Penyuka kaos putih ini meyakini bahwa dengan hal-hal sederhana saja bisa tetap membuat semangat terjaga, salah satunya dengan bersyukur.

Gimana, mau mencoba mengikuti jurus ampuh menyiasati kuliah online agar semakin menyenangkan???

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


 Chief Switta