5 Menu Kuliner Tradisional A la Kekinian, Yuk Cicipi Rasa Anti-Mainstream Ini!

KANDHANI.COM – Makanan tradisional khas daerah beragam macamnya. Setiap daerah memiliki jenis dan keunikannya tersendiri. Cita rasa yang terdapat di dalamnya juga berbeda, tidak semua lidah masyarakat Indonesia dapat menyesuaikan rasa dari masing-masing makanan khas daerah tertentu.

 

Kini, makanan khas daerah mulai banyak ditinggalkan. Pasalnya, anak generasi millennial dan gen Z lebih suka makanan kekinian. Namun, ternyata hal ini justru memunculkan ide kreatif masyarakat daerah setempat untuk membuat inovasi makanan dengan kearifan lokal.

 

Ini menu kuliner tradisional yang naik kelas dengan rasa kekinian, kamu wajib coba!

1. Sate Srepeh Saus Keju khas Rembang

Sate srepeh ini bentuknya hampir sama seperti sate pada umumnya, hanya saja bumbunya berwarna merah kekuningan, bersantan, dan lebih encer. Rasanya manis dengan sensasi rasa pedas dan gurih.

Namun dengan berkembangnya zaman, berkembang pula aneka rasa yang baru, seperti sate srepeh saus keju. Saus ini terbuat dari keju yang dicairkan. Dengan munculnya rasa baru ini terbukti dapat memboomingkan makanan khas daerah Rembang sehingga diminati anak muda zaman now.

2. Mie Aceh Lada Hitam

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JAJANANACEH (@jajananaceh) on

Mie Aceh salah satu makanan daerah yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Mie Aceh terkenal dengan mie nya yang berukuran besar dan bumbunya yang berwarna merah. Keberadaan Mie Aceh sudah tersebar hingga di berbagai pulau di Indonesia. Semakin tersebarnya makanan ini, mie Aceh yang berwarna merah mulai di kreasikan dengan berbagai macam rasa, misalnya rasa lada hitam. Mie Aceh lada hitam tersedia di berbagai tempat makan hampir seluruh kota di Indonesia. Apakah kalian sudah mencoba Mie Aceh yang ada di kota kalian?

3. Pisang Plenet khas Semarang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nex Carlos (@nexcarlos) on

Salah satu makanan khas kota Semarang yang mulai punah adalah Pisang Plenet. Pisang plenet yaitu pisang yang dibakar lalu diplenet. Miris dengan mulai punahnya pisang plenet, anak muda kota Semarang membuat suatu inovasi yaitu pisang plenet yang diberi toping dengan varian rasa seperti rasa gula putih dan coklat serta keju. Berkat kekreatifan inilah, jajanan yang akan punah mulai terkenal kembali.

4. Coklat Rendang khas Minang

Rendang adalah makanan khas daerah Sumatera Barat yang ketenarannya sudah mendunia. Siapa sih yang tidak pernah memakan makanan satu ini? Bahkan menurut survei, rendang termasuk makanan populer di dunia. Semakin kreatif generasi milenial sekarang, muncul makanan cokelat yang memiliki rasa rendang. Hmm.. gimana rasanya ya?

5. Kue Pukis

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kue Pukis Kekinian De’PhoeKiss (@khaira_cookies) on

Camilan tradisional yang cocok dimakan sore hari ini kini sudah naik kelas. Kini berbagai varian topping untuk kue pukis pun bermunculan. Mulai dari rasa green tea, blue berry, pisang, hingga coklat ovomaltin pun ditawarkan. Rasanya, jangan tanya, kamu pasti ngiler dan ketagihan untuk memakannya!

 

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Kurniandhi Devina