5 Spot Camping di Jawa Tengah yang Seru dan Menantang

KANDHANI.COM – Kegiatan outdoor seperti mendaki gunung atau hanya sekedar camping baru-baru ini mengalami peningkatan daya peminat, terutama anak muda yang ingin melepas rasa bosan. Biasanya mereka hanya menyalurkan hobi atau hanya sekedar mencari spot-spot foto yang bagus. Berikut ini adalah camping area anti mainstream yang patut dicoba untuk anak muda.

1. Pulau Panjang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pulau Panjang Jepara (@pulaupanjang_jepara) on

Terletak di kabupaten Jepara, pulau ini dapat diakses dari dermaga Pantai Kartini. Tempat ini sangat cocok untuk yang suka kamping tapi tidak mau capek naik gunung. Spotnya berada di bibir pantai Pulau Panjang, menjadikan tempat ini banyak didatangi traveler yang berburu foto sunrise dan sunset.Para penyuka pantai juga bisa menikmati penuh berada di kawasan ini karena tempatnya sangat anti mainstream.

2. Telaga Sidringo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BATANG, INDONESIA. (@explorebatang) on

Telaga ini terletak di perbatasan Kabupaten Batang dengan Banjarnegara, tepatnya di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Telaga Sidringo disebut-sebut sebagai Ranukumbolo-nya Jawa Tengah, Karena bentuknya yang hampir mirip dengan Ranukumbolo di Semeru. Tempat ini sangat cocok bagi yang suka keheningan karena belum banyak yang tahu soal Telaga Sidringo. Berada diketinggian kurang lebih 2000 mdpl, spot kamping ini memang terhitung dekat dengan kawasan Dieng Plateau.

3. Pantai Lampon

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kebumen Keren (@kebumenkeren) on

Pantai Lampon berada di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Salah satu surga tersembunyi dengan keindahan pantai yang jarang diketahui banyak orang. Berada di kawasan Perbukitan Kars Gombong Selatan, bentuknya seperti teluk kecil. Tempat ini memiliki suasana yang sunyi dan asri menjadikan tempat ini serasa milik sendiri. Karena tidak ada penginapan, tempat ini menjadi alternatif untuk camping. 

4. Gunung Prau

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MUA (@titinprincess) on

Gunung Prau teletak di kawasan Dieng Plateau tepatnya Kabupaten Wonosobo. Tempat ini menjadi favorit bagi para pendaki yang ingin bermalam di atas gunung. Tidak terlalu tinggi, Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl menyuguhkan panorama yang indah. Bagi yang berminat mendaki Gunung Prau sebaiknya memilih saat musim kemarau. Tepatnya berada di antara bulan Agustus hingga September. Pasalnya, kamu akan disuguhkan dengan lautan awan yang memukau. Jika beruntung saat malam hari akan ada milky way, wow, kereen ya!

5. Kamping di Gunung Muria

 

View this post on Instagram

 

A post shared by wonderful (@densa_6) on

Rekomendasi yang terakhir, kamu nggak akan repot karena spot ini memang sudah sah jadi bumi perkemahan. Ya, Bumi Perkemahan Kajar yang berada di lereng Gunung Muria ini memiliki lahan kamping yang sangat luas.

Disini kamu akan menikmati hamparan hutan pinus yang sungguh indah.Jika kamu termasuk pendaki yang religius maka kamu juga bisa sekaligus melakukan ziarah makam Sunan Muria yang berada di kompleks Masjid nggak jauh dari lokasi kamping. Tertarik?

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Wahyu Septiadi Hutomo