5 Tips Bikin Kuliah Makin Produktif, Begini Caranya…

KANDHANI.COM – Sebagai mahasiswa yang setiap hari berkutat dengan mata kuliah, pasti ada beberapa yang sangat disenangi dan adapula yang bikin nggak semangat. Tenang, hal ini banyak dialami semua mahasiswa kok, nggak cuma kamu!

 

Namun, lebih baik jika kamu pun mencari solusi agar mata kuliah yang membuatmu bosan tetap bisa mendapatkan nilai yang oke. Mau tahu gimana caranya?Coba lakukan 5 hal ini agar bikin kuliah makin produktif dan tetap bisa menghadapi mata kuliah dengan nilai yang memuaskan.

1. Mencari hal-hal yang menarik

Memang mata kuliah yang kamu anggap membosankan itu pasti akan banyak alasan negatifnya tetapi coba mulai carilah hal-hal menarik didalamnya. Kalau perlu tuliskan plus minusnya, jika perlu cari sebanyak-banyaknya hal positif, ya!Setelah kamu menuliskannya, lihat dengan teliti karena pasti kamu menemukan satu alasan kuat harus tetap bisa bersemangat dalam menghadapi mata kuliah tersebut.

 

2. Jangan hindari tapi hadapi

Hanya karena kamu tidak menyukai dan menganggap mata kuliah tertentu membosankan bukan berarti kamu bisa menghindariny, kan!Untuk memenuhi administrasi kehadiran saja, kamu harus tetap masuk kelas. Selain karena presensi yang jadi nilai penting, kamu juga akan menerima materi kuliah selama satu semester. Bayangkan, jika kamu menghindarinya dan tidak memenuhi semua persyaratan, yakin mau mengulang sampai semester depan?

 

3. Gaya belajar senyaman mungkin

Ketika kamu merasa mata kuliah tertentu membosankan, cara lain yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menjalaninya ya dengan mengubah gaya belajar senyaman mungkin. Misalnya, kamu lebih suka belajar materi dengan suasana sepi, ya sebelum tidur, coba buka kembali materi yang ada. Cara ini dinilai mampu menambah ketertarikanmu sehingga yang tadinya kamu anggap membosankan bisa jadi berubah menjadi menyenangkan.

 

4. Ciptakan suasana hati baik

Ketika suasana hati terganggu maka ketertarikan pada mata kuliah tertentu biasanya juga ikut menurun.Alhasil, kamu menganggap mata kuliah semakin membosankan dan ingin cepat mengakhiri perkuliahan. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah membuat suasana hati yang baik dan stabil. Cari yang bisa membuat kamu makin bersemangat, misalnya berangkat lebih pagi, sarapan dengan menu favorit, atau cara yang lain. Sehingga kamu justru akan bersemangat saat harus hadir dalam perkuliahan.

 

5. Ajak teman kelas bikin proyek biar aktif

Berteman dengan seseorang yang membuatmu nyaman dan bisa membawamu kearah yang lebih positif. Apalagi jika kamu punya ide membuat proyek bersama teman sekelas. Nggak cuma bikin kamu semakin bersemangat untuk masuk ke kelas tetapi juga kamu punya karya yang bisa dihasilkan.

 

Nah, kira-kira bisa kan menerapkan lima tips di atas dan bikin kamu jadi mahasiswa yang punya nilai yang bagus di setiap mata kuliah, semangat yaaa!!

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


 Amilia Muslichah