7 Aktivitas Rayakan Libur Tahun Baru di Semarang Tanpa Harus Nge-Mall

KANDHANI.COM – Wah, dalam hitungan hari, tahun baru akan segera tiba, ya!Hawa liburan juga tentu sudah mulai membayangi aktivitas. Kira-kira sudah punya rencana untuk menghabiskan libur tahun baru kemana?Jika kamu nggak punya bujet berlebih maka mulailah memilih beberapa destinasi yang nggak akan mengeluarkan anggaran lebih plus bisa dijangkau. Kebanyakan memang memilih cara yang singkat yaitu pergi ke mal. Padahal banyak banget lho, aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk merayakan libur tahu baru.

Nah, kalau kamu berada di Kota Semarang maka ada beberapa 7 aktivitas yang bisa kamu lakukan nih untuk merayakan libur tahun baru tanpa harus ke mal!

1. Jelajah tempat bersejarah

Semarang memiliki banyak tempat bersejarah seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Kawasan Kota Lama dan lain sebagainya. Masing-masing tentu memiliki cerita sejarah yang menarik. Seperti Lawang Sewu yang dibangun pada saat zaman penjajahan Belanda. Konon bangunan Lawang Sewu terdapat penjara bawah tanah yang menyebabkan banyak tahanan mati sehingga sekarang dikatakan berhantu. Bisa dijadikan adu uji nyali juga nih. Gimana apa kalian berani ke Lawang Sewu pada malam hari?

2. Mencicipi kuliner khas Semarang

Mengeksplorasi kuliner tradisi sambil jalan-jalan juga enak, lho!Kalau kamu sudah biasa mencicipi soto, lunpia, roti ganjel rel, pisang plenet, nasi goreng babat, coba cari menu tradisi yang lainnya. Misalnya, menu Mangut Manyung Bu Fat yang berada di Jalan Ariloka No.36 Krobokan, Semarang juga selalu jadi rekomendasi. Sebenarnya masih banyak lagi sih menu tradisi yang pasti kamu juga belum sempat cicipi. Nah, mumpung libur segera berburu kuliner tradisi yang lain daripada yang lain.

3. Belajar budaya

 

View this post on Instagram

 

Warak Ngendok -Semarang Warak ngendok (bahasa Indonesia: warak bertelur) adalah mainan yang selalu dikaitkan dengan perayaan Dugderan, suatu festival rakyat di Kota Semarang, Jawa Tengah yang diadakan di awal bulan Ramadan untuk menyambut, memeriahkan, sekaligus sebagai upaya dakwah. Patung Warak Ngendok di daerah Pandanaran Semarang #warakngendog #semarang #speedsketch #wisatasemarang #sketchbook #autodesksketchbook #indonesiansketcher #issemarang #semarangsketchwalk #dailypainting #sketchdaily #digitalsketch #splater #semaranghits #wisatasemarang #sejarahsemarang #kulinersemarang #dugderan #jatenggayeng #visitjateng #wisatajateng #landmarksketch #landmarksemarang #landmark #lawangsewu #tugumuda #icon #iconic

A post shared by Explore Semarang (@warakngendog) on

Memilih aktivitas liburan sambil belajar hal baru pasti sangat menyenangkan buat kamu yang nggak bisa bersantai. Gimana kalau belajar mengenai akulturasi budaya yang ada di Kota Semarang. Ya, terdapat tiga etnis terbesar di Semarang yaitu etnis Jawa, etnis Tionghoa, dan etnis Arab yang masing-masing juga memiliki kawasannya. Mengekslpor budaya peranakan maka kamu bisa menyusuri kawasan Pecinan dan belajar mengenal wayang potehi alias wayang boneka yang terbuat dari kain yang dibawa perantau etnis Tionghoa. Atau tertarik menjelajahi kawasan kauman untuk mencari tahu bagaimana budaya etnis Arab yang ada.

Semakin menarik jika kamu belajar bagaimana akulturasi tiga budaya tersebut yang dapat terlihat dengan simbol Warak Ngendhog.Daripada liburan kalian sia-sia cuma dibuat pergi ngeMall, lebih baik kalian mempelajari kebudayaan kota Semarang yang beragam.

 

4. Pesta barbeque bareng teman

Kumpul bersama teman adalah saat yang tepat saat liburan. Dan saat tahun baru tiba, kalian bisa mengadakan pesta barbeque atau bakar-bakar makanan seperti jagung, daging, dan sebagainya. Kebersamaan seperti saat itulah yang dapat menimbulkan kebahagiaan serta menjadikan lebih dekat dengan teman.

5. Kamping

Menginap di satu tempat bersama teman atau keluarga adalah saat yang pas sewaktu liburan datang. Sehingga keintiman terasa saat natal dan tahun baru tiba. Menciptakan suasana yang harmonis serta tidak mudah dilupakan karena momen tersebut hanya terjadi setahun sekali. Camping di Semarang seperti di Camp Mawar daerah kaki Gunung Ungaran bisa jadi momen untuk lebih dekat dengan kerabat lho, karena dengan camping bersama, keakraban dan solidaritas akan sangat terasa.

6. Mendaki gunung untuk sunrise pertama tahun 2019

Bagi anak muda, mendaki gunung merupakan uji adrenalin dan juga pengisi waktu untuk menghilangkan kepenatan. Bagi pendaki pemula maka gunung Ungaran bisa banget jadi referensi kalian untuk membuat kenangan tak terlupakan bersama teman atau keluarga.

Memperingati tahun baru dengan hal beda seperti ini dijamin feelnya bakal dapat banget. Apalagi dengan melihat sunset di malam terakhir tahun 2018 lalu memandang anggunnya mentari pertama di tahun 2019 dipucuk tertinggi gunung Ungaran hmm.. gokil banget deh, momen yang istimewa.

 

7. Kumpul bersama keluarga atau sahabat di rumah

Liburan tidak melulu harus diisi dengan pergi ke suatu tempat. Cukup di rumah berkumpul dengan keluarga atau sahabat dapat menambah kehangatan. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar nggak bosan di rumah. Mulai dari membeli kembang api  lalu menyalakannya saat malam tahun baru tiba bersama keluarga dan sahabat. Atau agar semakin seru kamu juga bisa membuat sajian makanan dan minuman yang enak lalu dimakan bersama. Rumah akan terasa ramai dan menimbulkan rasa bahagia tersendiri.

 

MAKIN JADI NGERTI, YA KANDHANI AJA!


 Kurniandhi Devina