7 Cara Rebut Gelar Mahasiswa Keren dan Berprestasi

KANDHANI.COM – Menjadi mahasiswa yang berprestasi tidak harus kuper dan kutu buku. Sebaliknya, menjadi mahasiswa yang keren juga nggak selalu terlihat nakal dan pemalas. Nah, jika kamu ingin coba merebut predikat sebagai mahasiswa yang keren plus berprestasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mau tahu?Simak, beberapa cara yang bikin kamu keren dan sukses.

1. Tetapkan tujuan dan fokus

Sebagai manusia biasa wajar jika kamu juga memiliki kemampuan yang terbatas dan hanya menguasai beberapa bidang. Tetapi apabila kamu ingin menjadi mahasiswa yang gaul bin berprestasi, kuasailah beberapa bidang. Cari yang memang jadi renjanamu. Entah, dibidang akademik, olahraga, seni, ataupun bisnis. Lalu, tetapkan tujuan dan fokus untuk terus melakukannya. Ya, kamu wajib memiliki tujuan yang jelas, spesifik, memiliki target yang dapat dicapai, saling berkaitan dengan beberapa bidang yang kamu kuasai, serta tepat waktu.

2. Serius belajar

Boleh sih punya prestasi segudang tetapi juga tidak boleh lupa dengan tujuan utama kamu sebagai mahasiswa. Fokuslah saat ada perkuliahan dan proses belajar yang tengah berlangsung di dalam kelas. Mulai dengan hal yang dasar seperti menahan diri untuk tidak bermain gawai, ngobrol dengan teman sebelah dan serius memerhatikan dosen yang tengah berada di depan kelas.

3. Perluas jaringan pertemanan

Jika kamu termasuk kategori mahasiswa yang lebih suka belajar dan berada dalam kelas daripada main, ya ada positifnya. Tetapi mulailah berpikir jangka panjang bahwa menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya itu penting. Apalagi kamu bisa berteman dengan banyak orang, nggak hanya sebatas lingkungan kampus saja. Kamu akan belajar banyak pengalaman dan punya jaringan pertemanan yang kuat. Hal ini bisa jadi aset di masa depan karena berteman juga jadi investasi masa depan, lho!

4. Suka bereksperimen dan coba hal baru

Mumpung masih muda, kamu perlu mencoba banyak hal yang positif, terutama beberapa hal yang belum pernah kamu coba. Memulai hal baru dapat meningkatkan cara untuk menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan oleh terasahnya kekreatifitasanmu saat kamu mencoba hal yang baru.

5. Berani membangun bisnis

Cobalah memulai memasuki dunia bisnis selagi masih muda. Keuntungannya adalah masa muda adalah masa-masa di mana kekreatifitasan seseorang sedang bergejolak, jadi bisnismu dapat cepat berkembang lebih pesat. Selain itu jika kamu bangkrut, kamu masih memiliki banyak waktu untuk membangun bisnis baru lagi.

6. Cari mentor yang menginspirasi

Selain tips diatas, kamu juga perlu mencari mentor yang dapat membimbing. Mentor yang menurutmu nggak hanya bisa jadi teman belajar tetapi juga menginspirasi. Hasilnya, kamu pasti makin semangat dan bisa meminimalisir kegagalan. Bingung mencarinya dimana?Coba cek sekitarmu, ada banyak yang bisa kamu jadikan mentor, entah itu orangtua,teman, kakak tingkat, maupun dosenmu sendiri.

7. Langsung beraksi

Beberapa tips diatas akan menjadi sesuatu yang tak berguna jika kamu selalu menunda untuk memulainya. Jangan pernah takut untuk memulai karena kehidupan sesungguhnya dimulai ketika kita berkecimpung di dalam masyarakat, kampus hanya sebuah lingkup kecil dari masyarakat. Kamu juga jangan takut gagal, tetapi takutlah ketika kamu belum mencoba.

 

Setelah membaca tujuh tips, kamu berani nggak memulainya?Selamat jadi mahasiswa yang keren dan berprestasi ya..

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Rafi Caesar Bagaskara