7 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Sam Po Kong

KANDHANI.COM – Semarang menjadi salah satu kota destinasi wisata sejarah yang cukup digemari. Selain karena keberadaan banyak bangunan kolonial, Semarang juga memiliki daya tarik kawasan wisata khas Tionghoa yang jadi favorit. Salah satunya, Klenteng Sam Po Kong yang terletak di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang. Posisinya lebih kurang 5 kilometer dari pusat kota Semarang.

Selain kawasan Wisata Pecinan Semarang, salah satu objek wisata dengan nuansa khas Tionghoa yang ramai dikunjungi adalah Wisata Klenteng Sam Po Kong. Klenteng Sam Po Kong adalah sebuah petilasan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok bernama Zheng He alias Cheng Ho.

Hal yang menarik dari wisata Klenteng Sam Po Kong ini adalah dari gaya bangunannya. Bangunan klenteng memiliki ciri khas Tiongkok dengan warna cat yang didominasi warna merah. Nah, agar kamu semakin maksimal dan menghemat waktu untuk menjelajahinya. Ini 7 hal menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung :

1. Berburu spot foto yang instagramable

Saat berkunjung ke Sam Po Kong kamu bisa berburu foto yang instagramable. Karena hal ini didukung oleh bentuk bangunan yang cukup unik. Saat mengambil foto tetap jaga sopan santun ya, karena tempat ini juga sering dijadikan tempat pemujaan. Tipsnya, siapkan kamera dengan baterai yang penuh agar kamu makin maksimal,ya!

2. Menyewa pakaian tradisional Tiongkok

Kamu bisa menyewa pakaian tradisional dengan harga Rp. 100.000 dan kamu bisa memakai sepuasnya untuk mengabadikan moment yang ada. Dengan menyewa baju Tiongkok kamu mempunyai akses masuk ke area-area terbaik di Sam Po Kong. Hasilnya, kamu akan terlihat seperti berada di Jepang, cobain deh!

3. Menonton acara peringatan mendaratnya Laksamana Cheng Ho

Pada waktu-waktu tertentu, seperti pada tanggal 29 dan 30 bulan keenam dalam penanggalan Imlek misalnya, kamu bisa menyaksikan acara peringatan pendaratan Laksamana Cheng Ho di tanah Semarang. Pasti seru dan menambah pengetahuanmu soal sejarah kan?

4. Sembahyang

Selain berwisata, kamu juga bisa sembahyang di Sam Po Kong. Di area ini selain Klenteng Sam Po Kong ada beberapa klenteng lainnya yaitu Klenteng Tho Tee Kong, Klenteng Kyai Juru Mudi, Klenteng Kyai Jangkar dan Klenteng Kyai Cundrik Bumi, yang bisa kamu gunakan dan tiket masuk area sembahyang adalah Rp. 20.000 per orang.

5. Meramal nasib (Ciam Si)

Kamu bisa meramal nasibmu di Klenteng Sam Po Kong. Bukan berarti kamu menduakan Tuhan ya? Meramal nasib atau dalam Bahasa China disebut Ciam Si. Kegiatan ini akan dipandu oleh juru kunci atau Bio Kong.

Ada beberapa cara untuk melakukan ritual Ciam Si ini, yang dilakukan oleh si Juru Kunci. Namun Juru Kunci mengingatkan bahwa melakukan Ciam Si tidak boleh sembarangan, kamu harus punya niat sejak berangkat dari rumah. Karena Juru Kunci sebagai perantara manusia dan dewa, harus bertanya pada dewa. Kalau kamu tidak serius, kamu dan juru kunci malah bisa mendapat kesialan.

6. Berburu kuliner

Untuk kamu yang doyan makan, kamu bisa berburu kuliner di Klenteng Sam Po Kong. Tak hanya kuliner asal negeri Tiongkok, tapi juga kuliner lainnya.

7. Berinteraksi dengan Barongsai

Jika biasanya kamu hanya bisa menonton atraksi barongsai, tapi di Sam Po Kong kamu tak hanya melihatnya tapi juga bisa berinteraksi secara langsung dan berfoto bersama barongsai.

Gimana, sudah siap menjelajah Sam Po Kong?Bawa semua perlengkapan ya agar makin maksimal!


YENI ENDAH