7 Spot Wisata yang Harus Kamu Hindari Saat Musim Hujan, Waspada!

KANDHANI.COM – Banyak spot wisata yang menarik dan menantang ketika musim penghujan. Dengan masuknya musim penghujan ini, aktivitas yang kamu lakukan harus sesuai dengan kondisi kamu saat ini.  Terutama soal traveling,  jika curah hujan semakin tinggi maka semua aktivitas jalan-jalan juga jadi penuh tantangan.

Agar kamu tetap bisa aktif dan melakukan hobi jalan-jalan, ingat kata pepatah sedia payung sebelum hujan, maka kamu pun harus pilah pilih saat ingin berwisata. Pasalnya,  saat musim hujan banyak pula spot wisata yang nggak ramah dengan musim ini. Cek dan pastikan tempat jalan-jalan yang kamu pilih tidak akan memberikan kesulitan atau hambatan.

 

Simak, beberapa spot wisata yang harus kamu hindari saat musim hujan tiba!

 

1. Air terjun

View this post on Instagram

Dan jalan yang sulit sering mengarah ke tempat yang indah. Selamat siang Bogor. . . 📷 Photo by @nurjanah158 • • • 📸 Shoot by : @adeliarimba . . 🔎Lokasi : 📍 Curug Lontar, Karacak Leuwiliang Bogor Jawa Barat. . . Follow👉👉@piknikbogor Follow👉👉@piknikbogor Website👉👉piknikbogor.com ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ #piknikbogor #piknik #bogor #welovebogor #wisatabogor #explorebogor #visitbogor #wisataindonesia #curug #curugbogor #explorecurug #airterjun #waterfall #wisatajawabarat #photography #photo #explorejabar #exploreindonesia #maen #jalanjalan #dolan #ayodolan #indonesiaindah #pesonaindonesia #indotraveller #travel #nature #adventure

A post shared by Piknik Bogor (@piknikbogor) on

Suatu kesalahan fatal jika kamu datang ke air terjun saat musim hujan. Selain warna airnya yang menjadi keruh, alasan lain kamu harus menghindari pergi jalan-jalan di air terjun. Sebabnya, jika hujan datang secara tiba-tiba, maka volume air akan meningkat. Bayangkan saat curah hujan makin tinggi maka volume air pun meningkat memungkinkan arus menjadi lebih besar dan bisa menyebabkan kamu terseret aliran sungai. Sehingga berwisata dekat air terjun sangat berisiko untuk kamu kunjungi saat musim hujan ya. Hati-hati, ya!

 

2. Pantai

Suasana pantai memang pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin bersantai. Namun kamu justru keliru jika kamu pergi ke pantai pada musim hujan. Pemandangan birunya langit akan tertutup awan hitam, sementara berenang, bermain banana boat, dan snorkling akan jauh lebih berbahaya karena ombak yang menjadi lebih besar. Sebaiknya urungkan niat memilih bersantai di pantai saat musim hujan ya.

 

3. Gunung

Bagi penggemar pendaki gunung, pasti nggak akan takut dengan berbagai halangan dan rintangan saat memutuskan untuk mendaki gunung. Tetapi ketika memasuki musim penghujan, kamu wajib mempertimbangkan kondisi ini. Jangan memaksakan diri, terutama bagi pendaki pemula. Hindarilah, kegiatan mendaki gunung saat musim hujan. Mendaki gunung saat musim hujan sangat berisiko. Selain tanah menjadi licin, saat musim hujan suhu di gunung akan sangat ekstrem. Apalagi jika kamu seorang pendaki pemula dan tidak siap untuk menghadapi kondisi ini malah rentan hipotermia.

 

4. Wisata tebing

Pasti seru berfoto di atas tebing dengan background alam sekitar. Pemandangan yang indah ini membuat banyak objek wisata baru yang dibuka. Kamu juga pasti akan terpesona saat berada di atas tebing dengan pemandangan hamparan tumbuhan yang tumbuh subur di perbukitan.

Tetapi jika hujan turun apakah masih seru? Tentunya, sangatlah berbahaya.Jika hujan turun terkadang para wisatawan dilarang untuk mendekati area tebing. Sebaiknya, spot wisata ini wajib kamu hilangkan dari daftar tujuan jalan-jalan ya saat musim hujan tiba.

 

5. Kebun binatang

Pergi jalan-jalan diakhir pekan memang enaknya pergi ke suatu tempat yang menyenangkan, seperti kebun binatang. Jika kamu pergi ke kebun binatang pada musim hujan atau sedang turun hujan, lebih baik tunda rencananya. Pasalnya, para binatang akan sembunyi untuk mencari tempat yang hangat saat sedang turun hujan. Kamu nggak mau kan tiba-tiba kaget dan panik saat binatang ternyata sembunyi dan berada di dekatmu.

 

6. Taman bermain outdoor

Tentunya kamu tidak asing dengan taman atau wahana bermain seperti Disneyland, TMII, dan Ancol. Jika kamu ingin pergi bermain sebaiknya cek perkiraan cuaca dulu. Pertimbangkan jika curah hujan bahkan terus meningkat. Daripada nanti saat kamu sudah disana bukannya senang malah kecewa karena sama sekali nggak bisa maksimal bermain. Sebagai solusi dan tetap jalan-jalan kamu bisa cari taman bermain yang berkonsep indoor atau cari wisata lain seperti museum dan sebagainya.

 

7. Wahana air

Jalan-jalan akhir pekan serunya pergi sama keluarga, teman, gebetan, atau pacar. Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah wahana air.Saat musim hujan tiba kamu perlu menghindari tempat wisata seperti ini. Nggak hanya berisiko saja tetapi kebanyakan wahana air juga mulai sepi pengunjung. Lebih baik, lain waktu saja kalau ingin berwisata ke wahana air.

Nah, gimana, sekarang jadi lebih ngerti kan mana saja spot wisata yang rawan dikunjungi saat musim hujan tiba. Selain bisa bikin kamu kecewa alasan lain adalah untuk keselamatan diri. Jadi harus tetap waspada ya.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Wahyu Septiadi Hutomo