Kerennya Batik Semarang yang Makin Menawan dan Dilirik Anak Muda

KANDHANI.COM –  Walaupun Hari Batik Nasional sudah lewat sebulan yang lalu tepatnya tanggal 2 Oktober tetapi kamu tetap bangga pakai batik dalam berbagai acara kan?Kini, batik tidak lagi dianggap kuno dan tradisional bahkan mulai diminati oleh anak-anak muda.

Ya, memakai batik nggak hanya bisa membuat kamu merasa bangga dengan warisan budaya saja lho. Tetapi ikut memupuk rasa nasionalisme. Batik pun nggak hanya digunakan dalam agenda resmi tetapi bisa jadi fesyen sehari-hari. Pasalnya, batik sekarang memiliki nilai yang berbeda karena muncul berbagai inovasi dalam fesyen batik.

Hal ini nggak lepas dari peran desainer yang mempopulerkan batik dengan rancangan yang semakin menarik dan tetap up to date. Salah satunya batik khas kota Semarang. Yup, Batik Semarangan kini makin dilirik karena memiliki ragam model yang kekinian dan ready to wear. Sehingga kamu jadi lebih mudah untuk memadu padankan dengan outfit sehari-hari.

Nggak percaya?Yuk, cek hasil rancangan para desainer asal Semarang yang bikin Batik Semarangan naik kelas dan makin menarik untuk dikoleksi.

1. Widya Andika (Dhievine)

Desainer muda asal Semarang yang tergabung dalam IFC (Indonesia Fashion Chamber) Semarang Chapter ini memang nggak diragukan mampu memberikan sentuhan baru dalam dunia fesyen. Memiliki nama lengkap Widya Andikabrand Dhievine, Dhika, panggilan akrabnya, nggak mau ketinggalan mempopulerkan Batik Semarangan.

Salah satu rancangannya yang mengangkat Batik Semarangan dengan tema bermotif Warag Ngendog. Mulai dari puter seperti jaket yang keren, baju, rok, dress, denan sentuhan model kekinian. Sehingga, batiknya pun banyak diminati oleh anak muda karena bentuknya yang unik dan cocok dipakai sehari – hari.

Kamu bisa kepoin berbagai model batik karya Widya Andika ini di platform instagram @dhievine atau bisa juga melalui aplikasi Zalora, Zilingo, blibli.com, dan qlapa.com! Nah berikut contoh busana batik Warak Ngendog karya Widya Andika, Wah.. cantik banget bukan?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Premium Batik & Kebaya (@dhievine) on

2. Irma Susanti (identix.id)

Pamor batik memang nggak hanya populer di Indonesia tetapi juga sudah go internasinal. Nah, peluang ini dimanfaatkan oleh desainer muda asal Semarang bernama Irma Susanti, Founder yang merangkap CEO PT Identix Pratama Indonesia.

Irma berhasil mempromosikan batik rancangannya ke berbagai negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan masih banyak lainnya. Menariknya, Irma memilih Batik Semarangan untuk dieksplor dalam rancangannya. Selain sukses memodifikasi Batik Semarang dengan paduan motif batik lainnya, Irma juga membuat desain yang menarik dan kekinian? Mau tahu hasil karya rancangannya, yuk cek di akun instagram @identix.id.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by I D E N T I X Batik Tulis 🇮🇩 (@identix.id) on

3. Elkana Gunawan Tanuwidjaja

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elkana Gunawan Tanuwidjaja (@elkanagunawan) on

Setelah melihat dua desainer muda yang keren dengan sentuhan modern, kali ini desainer senior Elkana Gunawan pun juga membuat Batik Semarangan naik kelas. Desainer asal Semarang ini pernah terlibat dalam pagelaran presentasi karya bertema “Lenggang Batik Semarang 16” lho.

Kiprahnya di dunia fesyen memang tidak diragunak lagi, Elkana Gunawan sukses memodifikasi batik tulis pada sutra ATBM dengan motif khas Semarangan yang menggambarkan aktifitas, kehidupan, dan makanan khas Semarang. Style-nya purwa rupa, dari model tumpuk jas, bolero pendek, atau juga model sarung.

Awal bulan November, desainer ini juga kembali menggelar pergelaran fesyen dalam acara “Semarang Kaya In Fashion 2018” dengan rancangan Warag Wangun. Penasaran?Kamu bisa lihat berbagai model kreasi batik karya tangan dingin  Elkana Gunawan di instagram @elkanagunawan .

4. Yulicha Batik

Nah, kali ini kreasi menarik dari Yulicha Batik yang sukses memodifikasi Batik Semarangan dengan tema yang sama Wark Ngendok. Selain membuat rancangan baju, Yulicha juga menyulap Batik Semarangan menjadi aksesoris cantik lho seperti kipas kayu, syal, kalung, dan lainnya. Akan membuat gaya kamu makin kece dengan outfit sehari-hari.

Mau ikut mengoleksi aksesorisnya, cus langsung cek akun instagram @yulichabatik .

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YulichaAsesorisBatik (@yulichabatik) on

Bagaimana, keren dan nggak kalah kece kan pake Batik Semarangan!Yuk, saatnya kamu ikut bangga dengan produk lokal dan tetap bisa gaya dan tampil up to date.

 

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Ridsa Meila 

Credit photo by Dhievine