Berumur 18 Tahun, Fritz Produser Musik Muda Asal Semarang Go Internasional

KANDHANI.COM –  Berkat teknologi yang makin canggih dan membuat informasi semakin mudah diakses maka kamu akan terus menemukan anak-anak muda yang penuh talenta dan memberi inspirasi. Salah satunya adalah Produser Musik Muda satu ini, yaitu Fraderik Prasidya Prakasita yang akrab disapa Fritz.

Tentang Produser Musik Muda ‘Fritz’

Pemuda kelahiran Semarang, 13 September 2000 ini memiliki banyak prestasi di bidang musik yang ditekuninya. Bakat yang dimiliki anak pertama dari tiga bersaudara ini tentu tidak serta merta muncul begitu saja. Menurut kisah Fritz, sejak berusia 3 tahun ia sudah diperkenalkan dengan musik dan bermain berbagai instrumen musik seperti gitar dan piano oleh orangtuanya.

Fritz pun semakin keranjingan dengan musik hingga sampai pada bangku sekolah menengah pertama ia memilih membentuk sebuah band. Kecintaannya pada musik bahkan membuatnya mengambil keputusan penting untuk  Homeschooling saat SMA dan tidak berlanjut pada sekolah umum. Keputusan Fritz memang tepat, menekuni dan mendalami musik membawanya ke berbagai prestasi. Nggak tanggung-tanggung, prestasi Fritz bahkan terdengar hingga ke luar negeri.  Mau tahu perjalanan kisahnya?Yuk, ikuti kiprah Fritz yang malang melintang di dunia musik.

Meniti karir dari nol 

Pemuda yang baru berumur 18 tahun ini memulai karirnya pada awal tahun 2017. Berawal dari pertemuannya dengan salah satu teman, Fritz dikenalkan beberapa genre lagu dan mengenal musik EDM. Berlanjut dari perkenalan singkat tersebut, Fritz justru semakin menyenangi genre bass musik yang berisi lagu up beat dan terkesan sangat keras. Semakin penasaran dan ingin tahu lebih banyak Fritz pun terus mengeksplorasi dan mencari tahu software atau daw yang biasa dipakai untuk membuat musik yang ia inginkan.

Berbekal rasa ingin tahu yang besar, Fritz juga terus mengulik semua informasi mengenai musik ini di internet sambil mencari relasi teman. Bakat penyuka DJ Skrileex ini pun terus berkembang. Baik dari segi produksi musik hingga akhirnya menghasilkan karya dan mendapatkan panggung. Selain itu, Fritz juga merasa makin mendapatkan dukungan karena bertemu beberapa teman-teman yang sejalan dengan genre musiknya.

Berkat kerja keras dan komitmennya yang pantang menyerah, lagu yang dikirim ke salah satu label di luar negeri ternyata diterima. Kerennya, karya Fritz diterima di beberapa negara, seperti label musik di Prancis, Inggris, Amerika dan Amsterdam.

Sejak itulah debutnya makin dilirik oleh banyak produser musik yang sudah mempunyai nama besar di kancah musik EDM Indonesia. Bahkan beberapa karya Fritz yang berkolaborasi bersama Abimanyu dan Sihk66 yang baru didebut oleh family label milik Yellow Claw.

Selain itu, banyak juga prestasi lain yang ditorehkan produser musik muda berumur 18 tahun ini. Di usianya yang masih sangat belia ia pernah menjadi co producer Dj Moski Love untuk remix lagu penyanyi dangdut Via Vallen juga Zaskia Gotic di salah satu stasiun TV.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fritz (@suckliens) on

Tetap low profile

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fritz (@suckliens) on

Walaupun nama Fritz semakin melejit dan karyanya makin dikenal hingga keluar negeri, tidak membuat produser muda ini sombong dan arogan. Ia bahkan selalu mengajak beberapa temannya untuk berkolabarasi sambil memberikan kesempatan unjuk gigi dalam setiap proyek musiknya.

Menurut Fritz, perjuangannya belum usai karena masih banyak yang orang yang belum tahu dengan genre yang ia usung. Sehingga ia pun membuat komunitas sendiri untuk menampung produser, DJ dan penikmat scene underground.

Kegiatan positif dan niat baik Fritz ternyata nggak selamanya direspons dengan baik. Tidak sedikit pula cibiran datang. Fritz juga berbagi pengalaman pahit sempat dipandang sebelah mata karena tubuhnya yang penuh dengan tato. Namun semua pengalaman getir yang ia alami tidak pernah membuatnya kecil hati justru semakin termotivasi untuk memberikan kontribusi yang baik bagi lingkungannya.

Tak menampik berpenampilan beda, Produser Musik Muda ini berusaha mengubah imej negatif dengan kiprah dan prestasi yang berusaha ditunjukkannya. Tekun pada hobi dan konsisten terus menjalani serta mengeksplorasi menjadi tips Fritz bagi yang ingin mengekor kesuksesannya. “Ambil yang kau butuhkan dan jalani apa yang kau yakini” pesannya kepada para pembaca Kandhani.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


 Aurellia Inez Megaputri