Brilian, Peduli Lingkungan Mahasiswa Ilkom Udinus Gagas Kampanye Orang Baik

KANDHANI.COM-Pemberlakuan New Normal menjadi salah satu solusi menghadapi pandemi, termasuk salah satunya  di Kota Semarang. Penggunaan protokol kesehatan semakin diperhitungkan dan diperketat. Pada New Normal ini masyarakat akan sering melakukan desinfeksi mandiri yaitu mencuci tangan dengan rutin dan membawa pembersih tangan antiseptik. Sayangnya, selalu ada dampak negatif jika menggunakan zat kimia  dalam jangka waktu panjang. Mulai dari menimbulkan iritasi hingga masalah lingkungan atas hasil limbah produksinya.

Melihat kondisi yang cukup prihatin ini, Pandu Cahyoning Negoro salah satu mahasiswa bersama teman-temannya di Kota Semarang menggagas gerakan o_orangbaik. Menurut mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Udinus (Universitas Dian Nuswantoro) mewakili kelompoknya mengungkapkan sebaiknya masyarakat dapat mengubah pola hidup mereka untuk lebih berbudaya ramah lingkungan. Dalam menghadapi keadaan tersebut, “kampanye #organikbaik dipilih karena bahan atau produk organik sendiri merupakan produk yang menyehatkan bagi manusia dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.” katanya usai memberi pengantar pada web seminar (webinar), Sabtu (27/6).

Dalam kesempatan agenda webinar tersebut, tim o_orangbaik melakukan kolaborasi dengan dua Program studi di Universitas Dian Nuswantoro yaitu Program Studi Ilmu Komunikasi dan juga program studi Kesehatan Lingkungan, dengan menghadirkan Akademisi dan Pelaku Usaha dengan tema “New Normal Act With Organic Style” bersama Slamet Isworo , Muchammad Nur Aziz Hanafi, Heni Indrayani dan Yuventius Tyas, Sabtu (27/6).

Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi,SSi,M.Kom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) ikut mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tim o_orangbaik yang merupakan salah satu bentuk nyata luaran dari mata kuliah Public Relations dari Progdi Ilkom Udinus. Menurutnya, sudah saatnya mahasiswa bergerak aktif terutama menerapkan disiplin ilmu yang ada dan berkolaborasi satu sama lain agar saling mendukung.

“ Disiplin ilmu dalam era sekarang haruslah fleksibel, efisien, dan kolaboratif. Mahasiswa Progdi Ilkom bisa ikut membantu menyuarakan program kesehatan lingkungan dalam era pandemi seperti saat ini” jelasnya.

Heni Indrayani, Dosen Pengampu Matakuliah Public Relations Ilmu Komunikasi UDINUS, menjelaskan bahwa Kampanye ini adalah salah satu bentuk fungsi PR untuk dapat mengajak masyarakat berpindah dari satu budaya ke budaya lainnya. Dalam hal ini pergeseran budaya yang kurang ramah lingkungan, menjadi budaya pemakaian bahan organic yang jauh lebih aman terhadap lingkungan.

Untuk pemateri utama Dr. Drs Slamet Isworo M. Kes, Ketua Program Studi Kesehatan Lingkungan menyampaikan bahwa pentingnya Akademisi dapat berkolaborasi dengan pelaku Usaha untuk dapat menciptakan Produk yang Makin ramah Lingkungan.

“ Saya berharap kedepannya Akademisi seperti saya dapat bekerja sama dengan Mas Aziz selaku pengusaha dan Pelaku di lapangan agar kami dapat bekerja sama dan saling belajar tentang efisiensi pelaksanaan dari sebuah Teori untuk kesehatan Lingkungan “

Sementara itu Muchammad Aziz Hanafi, pemilik usaha skincare organik “ Lura Pure”, menyebutkan bahwa pihaknya telah ikut berpartisipasi dalam Green Production dalam bidang industri, dimana tidak hanya berorientasi pada Skincare untuk kesehatan wajah, namun juga memikirkan kelesetarian lingkungan dengan penggunaan bahan organic yang jauh lebih ramah lingkungan dan biaya produksi yang lebih ekonomis.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Wahyu Septiadi Hutomo