Icip-Icip Es Krim Hawa,Kuliner Legendaris yang Masih Eksis!

KANDHANI.COM – Ngaku anak angkatan 90-an? Jika iya pasti deh kamu tahu akan jajanan legendaris yang satu ini. Yuk, bernostalgia ke salah satu kuliner top di tahun 90 an yaitu “Es Krim Hawa”.

Penggemar es wajib tahu bahwa sebutan “Es krim Hawa” ini ya berawal dari nama jalan yang menjadi tempat pertama kali es dijajakan, tepatnya di jalan Hawa, Semarang Jawa Tengah.

Es Krim Hawa atau di beberapa tempat dikenal dengan sebutan Es Goyang merupakan olahan es krim yang hampir mirip seperti es lilin, ditusuk menggunakan sumpit dan dicelupkan  kedalam cokelat cair.

Bahan dasar dari olahan es krim hawa ini terbuat dari kelapa, tetapi diberikan berbagai perasa buah aneka ragam.

Aneka varian rasa

Banyak varian rasa yang ditawarkannya seperti rasa stroberi, vanilla, cokelat ,nangka, alpukat, dan yang paling menjadi andalan adalah rasa kacang hijau. Adonan cokelat cair yang menjadi topping dari es krim ini berbahan dasar tepung cokelat.

Es Krim Hawa, Kuliner Legendaris yang Masih Eksis, Udah Coba Belom? - Kandhani.com

Uniknya pembuatan dan penyajian es krim ini ditunjukan di depan pembeli secara langsung. Didalam gerobak sudah terdapat cetakan aluminium yang direndam dalam bongkahan es.

Kemudian adonan kelapa dituangkan kedalam cetakan aluminium, dan sebagai pegangan es, sumpit dimasukan ke dalam adonan tersebut. Lalu ditutup selama 10 hingga 15 menit sambi menunggu adonan es jadi.

Ketika adonan es sudah mengeras, sumpit diangkat dan sebagai proses akhir es krim akan dicelupkan kedalam cairan cokelat. Lalu, es pun siap untuk dinikmati. Keunikan dalam  pembuatanya ternyata juga mempengaruhi nama dari es krim ini.

Harga murah meriah

Es tradisional ini memang jajanan yang sangat merakyat. Pasalnya, es krim hawa dijajakan dengan harga yang sangat murah. Puluhan tahun lalu, harganya hanya dibanderol Rp.500,- . Di tahun 2018 pun harga es yang dijual ini juga masih murah.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp.2000,- per tangkainya. Pengin langsung mencicipinya?Kamu bisa berburu es ini saat Car Free Day tiba, tepatnya di kawasan Simpang Lima atau di kawasan kuliner Pasar Semawis. Selamat bernostalgia ya…

 

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Tim Kandhani