Ini 5 Agenda Seni dan Budaya yang Sukses Ramaikan Taman Indonesia Kaya

KANDHANI.COM – Kota Semarang dapat berbangga memiliki Taman Indonesia Kaya yang kini hadir sebagai panggung terbuka untuk agenda seni dan budaya. Hal ini membuat banyak kegiatan kultural terselenggara dengan baik. Tepat berada di jalan Menteri Supeno, dulunya taman ini bernama Taman KB. Kemudian taman ini mengalami pemugaran dan penambahan beberapa fasilitas, seperti penambahan panggung untuk pertunjukan seni budaya plus tanaman yang semakin beragam yang membuat taman lebih hijau.

Namun untuk menjaga sejarah taman ini maka patung ibu dan anak yang jadi  ikon Taman KB tetap dipertahankan. Harapannya, taman ini menjadi kreasi para seniman budaya untuk terus berkarya. Nah, sebulan belakangan  banyak event keren yang telah tampil di taman ini. Mau tau apa saja. Langsung saja simak yang pertama.

1. Pagelaran Teater Rakyat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Teater Kuncup Mekar (@teaterkuncupmekar_) on

Penampilan pertama kali teater rakyat di Taman Indonesia Kaya disambut meriah oleh masyarakat. Teater rakyat berjudul Misteri Sang Pangeran disutradarai oleh Agus Noor sukses membuat hiburan menarik di panggung terbuka pertama kali di Jawa Tengah.

Ditambah dengan alunan musik tradisional yang diberi sentuhan modern oleh konduktor Djaduk Ferianto menjadi lebih meriah. Walaupun ditengah pementasan teater, hujan tiba-tiba turun dengan deras, namun antusias masyarakat untuk menonton teatar tidak menurun meski hujan sedikit lebat.

2. Semarang In Fashion 2018

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Olif Wastra Batik Semarang (@olif_wastrabatiksemarang) on

Fashion show kain batik yang dirancang oleh 152 designer membawa 535 karya telah memeriahkan panggung terbuka di Taman Indonesia Kaya. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Kota Semarang bekerjasama dengan Dekranasda dan Indonesia Fashion Chamber Chapter Semarang mengusung tema ragam batik yang kaya dan memiliki nilai filosofi yang tinggi. Beragam batik disulap oleh para perancang menjadi berbagai busana seperti busana muslim, pesta, hingga model santai namun masih tetap memiliki unsur elegan.

3. Internasional Keroncong Festival 2018

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Indonesia Media (@idm.indonesiamedia) on


Internasional Keroncong Festival 2018 menambah deretan keren event budaya yang telah diselenggarakan di Taman Indonesia Kaya. Dimeriahkan oleh penyanyi keroncong Sundari Untinasih Soekotjo atau lebih dikenal dengan Sundari Soekotjo yang unjuk gigi bersama anaknya Intan Soekotjo. Nggak ketinggalan beberapa musisi keroncong mancanegara pun ikut memeriahkan acara ini. Dengan adanya Internasional Keroncong Festival 2018 diharapkan generasi milenial mulai melirik dan mengenal kekayaan musik keroncong.

4. Indonesia Menari 2018

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yohanes Ak (@yohanes_ak) on

Meriahnya Indonesia Menari 2018 yang diikuti 300 penari Taman Indonesia Kaya membuat Kota Semarang mendadak banjir oleh para penari. Tampak ratusan penari begitu luwes dengan balutan kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012, ini memang masih memiliki daya tarik yang besar. Kerennya, 4 kota besar yang ada di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Solo dan Semarang serempak menggelar agenda Indonesia Menari 2018.

5. Festival Kuliner Pedas dan Es Krim

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kulineran Semarangan (@ny.rempong) on


Bagi penikmat kuliner pastinya nggak ketinggalan agenda icip-icip makan yang ada di Taman Indonesia Kaya. Ya, Festival Kuliner Pedas dan Es Krim sengaja diselenggarakan bersamaan dengan agenda Semarang In Fashion 2018.

Dua agenda besar ini memang membuat Taman Indonesia Kaya semakin meriah. Jika Semarang In Fashion 2018 digelar di Panggung Budaya, Festival Kuliner Pedas dan Es Krim justru memadati area jalan depan SMA 1 Semarang. Acara yang diselenggarakan selama 3 hari  dimeriahkan oleh Kaesang Pangarep. Putra bungsu Presiden RI, Joko Widodo ini  merupakan Business Owner Sang Pisang yang juga mempromosikan produknya.

 

Masih penasaran dengan agenda keren lainnya?Cek agenda lainnya dan jangan lupa untuk ikut meramaikan dengan datang langsung ke Taman Indonesia Kaya!

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Wahyu Septiadi Hutomo

Editor : Wildan Namora | Gambar Utama : IG @teaterkuncupmekar_