Jamu Kekinian A la Milenial, Ini Kata Duta Jamu Jawa Tengah 2018

KANDHANI.COM – Pernah nggak, kamu mencoba jamu kekinian?Iya, minuman tradisional yang kini naik kelas dan punya sensasi rasa jamu yang berbeda?Memang minuman tradisional alias jamu pasti akrab di telinga tapi tidak di mulut kamu, ya, kan? Pasalnya, mendengar nama jamu saja kamu pasti membayangkan rasa minuman yang pahit dan nggak enak di lidah. Padahal secara nggak sadar kamu sehari-hari juga masih mengonsumsinya.

Nggak percaya? Kamu masih sering kan pesan wedang jahe, wedang uwuh atau minuman tamarind alias asam jawa kemasan? Itu juga termasuk minuman jamu, lho! Hanya saja kamu memahaminya sebagai minuman rempah. Padahal ramuan rempah juga diartikan sebagai jamu.

Pilihan rasa dan kemasan jamu kekinian

Nah, kamu bisa buang jauh-jauh tuh anggapan minum jamu nggak enak. Kini ada banyak jamu kekinian yang bisa kamu nikmati dan pastinya bermanfaat untuk kesehatan. Menurut Pemenang Kedua Duta Jamu Jawa Tengah 2018, Hanny Normalita, ada banyak aneka rasa jamu yang wajib dicoba dan bisa bikin ketagihan.

“Saya bahkan pernah mencoba menu jamu kekinian yang ada di salah satu kafe, enak banget, jadi beras kencur dicampur dengan creamer dan santan rasanya gurih sekali mirip latte. Ini membuktikan bahwa jamu itu tetap enak dikonsumsi tapi juga penuh manfaat karena bisa menghangatkan badan dan membantu pencernaan,” ucapnya saat ditemui tim Kandhani.com di booth Festival Minoem Jamoe di Komukino Fest, Hutan Tinjomoyo, Semarang, Minggu (16/12).

Hanny juga menambahkan bahwa nggak hanya rasa saja yang berbeda, kemasan yang digarap khusus pun bisa mengubah imej generasi milenial dan generasi z mengenai jamu. “Ini salah satu usaha mengenalkan jamu dengan kemasan yang kekinian yaitu menggunakan kemasan seperti ice stick. Saya juga pernah mencoba¬†es krim dengan rasa jamu dan tetap nikmat. Sementara jamu-jamu kekinian juga sebenarnya akan semakin menarik dengan kemasan lucu,”jelas Dara kelahiran Semarang, 8 april 1996.

 

Baca Juga : 5 Kafe Jamu Kekinian untuk Generasi Milenial, Wajib Coba!

Teknik penyajian jamu kekinian yang berbeda

 

Menariknya, jamu juga memiliki perlakuan istimewa layaknya kopi. Diceritakan oleh Hanny bahwa jamu kekinian juga memiliki teknik penyajian dan pengolahan yang istimewa. “Nggak kalah dengan sajian kopi, jamu juga punya teknik penyajian yang berbeda. Ada beberapa teknik penyajian jamu yang sama seperti teknik penyajian kopi seperti V60, Cold Brew, dan saat diaplikasikan dengan jamu, hasilnya enak banget,” jawab Hanny yang masih tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dengan nada bersemangat.

Juara II Duta Jamu Jawa Tengah ini juga berharap bahwa generasi milenial dan generasi z juga berminat untuk menikmati minuman tradisional. Mengenal dengan cara yang kekinian tapi tetap ikut mendukung minuman jamu menjadi warisan budaya.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani!


Chief Swieta