Kenalkan, Ini Keluarga Kusmajadi yang Keliling Indonesia dengan Motorhome

KANDHANI.COM – Pernah lihat nggak di beberapa adegan film Hollywood, ada keluarga yang  menggunakan caravan melakukan perjalanan panjang untuk berlibur. Ternyata, hal ini juga dilakukan oleh salah satu keluarga inspiratif asal Indonesia,lho. Mereka adalah keluarga Kusmajadi asal Tangerang Selatan. Nggak tanggung-tanggung, mereka bahkan menggunakan motorhome a.k.a mobil penjelajah selama satu tahun untuk mengelilingi Indonesia.

Setelah melakukan perjalanan selama 91 hari, beberapa waktu lalu keluarga Kusmajadi tiba di kota Semarang. Memanfaatkan momen, tim Kandhani berhasil berkenalan dan mengikuti akvitas keluarga kece ini seharian penuh. Yuk, kenalan lebih dekat dengan keluarga cemara a la milenial yang terdiri dari Abah Dodi, Ambu Melati, Abang Hakim dan Sabiya.

Nara Sabiya, putri bungsu yang mewakili keluarga menceritakan dengan antusias perjalanan seru yang dialaminya sepanjang tiga bulan terakhir. Terutama membahas makna tulisan unlocking indonesia teasure yang melekat di motorhome? Ini sekelumit cerita yang dituturkannya.

Miliki misi mengenal budaya

Dara 14 tahun yang akrab dipanggil Sabiya ini mengisahkan pengalaman-pengalaman serunya menggapai misi unlocking Indonesia treasure. Menurut Sabiya, perjalanan satu tahun keluarganya bertujuan untuk membongkar harta karun yang dimiliki oleh Tanah Air. “Ada 4 hal penting yang ingin kami lakukan dengan mengelilingi Indonesia. Yang pertama belajar mengenai sejarah, lalu budaya, alam dan belajar dan bertemu langsung dengan pahlawan lokal yang hidup sederhana dengan alam,”kata putri bungsu Dodi Kusmajadi kelahiran 7 Agustus 2005.

Lewat perjalanan panjangnya bersama keluarga, Sabiya mengisahkan salah satu pengalamannya saat berada di Sumatera Barat. Tepatnya di Mentawai, ternyata ada ritual masih dilakukan para warganya sebelum hendak menebang pohon.

Selain itu, banyak cerita menarik yang juga didapatkan Sabiya dan keluarganya saat berada di pelosok daerah Indonesia.

Sempat menolak pergi

Perjalanan keluarga Kusmajadi yang bisa kamu cek di akun YouTube Keluarga Kusmajadi seru dan menyenangkan, ternyata sempat diawali dengan penolakan. Menurut Sabiya yang hobi membaca buku Harry Potter ini awalnya ia menolak untuk diajak keliling indonesia bersama orang tuanya. Alasannya sederhana karena tidak ingin meninggalkan sekolah dan teman-temannya untuk waktu yang lama.

Namun Sabiya akhirnya setuju saat mendengar lebih banyak soal rencana kepergian dan solusi untuk melanjutkan pendidikan dengan home schooling. Menurut Sabiya, home schooling menjadi jawaban yang tepat jika ia harus meninggalkan sekolah formal dan lebih fleksibel untuk belajar apapun. “Jadi lebih fleksibel dan saya pun mudah mencari materinya di internet,” jelas Sabiya yang ngefans dengan BTS, boyband asal Korea.

Saat ditanya mengenai cita-cita, Sabiya pun mengutarakan impiannya untuk bisa menjadi ahli kimia. Dalam perjalanannya Sabiya mendapatkan tugas dan perannya. Salah satunya membersihkan mobil bersama Ambu Melati dan bagian untuk cuci piring. Sementara untuk konten vlog yang diunggah dalam kanal YouTube, Sabiya juga bertugas mengisi voice over  menggunakan bahasa inggris. Keren banget ya!

 

Makin Jadi Ngerti Ya, Kandhani Aja!


Sheila Zalfatika