Lawan Corona, Influencer Muda Indonesia #dirumahaja Bisa Apa?

KANDHANI.COM – Sudah dua pekan virus corona melumpuhkan aktivitas keseharian, mulai dari pergi ke kantor, bersekolah, berangkat ke kampus, sampai nongkrong di kantin. Mall yang semula dipenuhi dengan ribuan pengunjung kini harus ditutup sebagai bentuk penjagaan jarak sosial. Hal ini tidak lantas sebagai akhir segalanya,  kita tetap bisa kreatif walaupun #dirumahaja. Lalu, selama menjalani masa karantina ini, apa yang bisa dilakukan #dirumaha?

Beberapa kegiatan seperti mengasah kemampuan bermusik lebih dalam bisa disalurkan. Jika baru ingin mulai belajar maka manfaatkan saja tutorial gratis dari YouTube. Kalau sudah pandai, munkin bisa buat ala ala lagu yang direkam lewat smartphone.Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan seperti membaca buku streaming film, mendengarkan musik, sampai nonton live streaming sambil berdonasi, seperti yang dilakukan beberapa influencer muda Indonesia.Kehebatan mereka pun tak kalah seperti aktor kelas Hollywood seperti Ryan Reynolds dan Blake livery yang menyumbangkan 1 juta US dollar atau setara 15 miliyar.

Mau tahu siapa saja influencer muda asal Indonesia juga bergerak untuk membantu penanganan virus corona dengan penggalangan dana?Yuk, simak.

1. Rachel Vennya

Rachel Vennya adalah salah satu selebgram yang melakukan penggalangan dana melalui kitabisa.com. diketahui Rachel Vennya memulai penggalangan dana pada tanggal 18 maret 2020. Dari gerakan yang ia inisiasi, diketahui dana yang telah terkumpul akan digunakan untuk membeli APD dan akan disalurkan  ke berbagai Rumah Sakit yang ada di daerah.Jumlah donasinya dalam satu minggu menyentuh angka 7,5 milyar.

2. Arief Muhammad

YouTube arief Muhammad diketahui juga melakukan penggalangan dana melalui laman kita bisa.com. arief Muhammad mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk membantu berdonasi untuk membelikan sembako bagi daerah yang terkena imbasnya dari virus corona tersebut. Selain itu arief juga berkerja sama dengan rumah sakit agar mempermudah dalam menyalurkan bantuan bagi para korban.Nggak kalah dari Rachel Vennya, jumlah donasi yang terkumpul sebesar Rp 2, 5 milyar.

3. Andovi Da Lopez

Dari beberapa cara yang dilakukan untuk mengumpulkan dana, Andovi memilh cara yang sedikit agak berbeda, yaitu melalui live streaming di channel YouTube dari skinnyindonesia24. Dalam aksinya kali ini, Andovi melakukan tantangan, dengan membacakan isi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang tebalnya kira-kira 1000 halaman. Aksinya ini dilakukan sejak 18 maret lalu pukul 12:00 WIB. Sekitar Rp 200 jutaan berhasil ia lakukan untuk membantu penanganan pandemi yang terjadi.

4. Atta Halilintar

YouTube yang tergabung dalam Gen Halilintar ini melakukan donasi melalui laman web kitabisa.com. Atta mengajak untuk seluruh subscriber-nya untuk melakukan donasi yang nantinya seluruh uang yang terkumpul akan dibelikan untuk membeli APD dan berbagai alat kesehatan lainnya. Donasi yang telah terkumpul diberikan kepada petugas kesehatan yang merawat pasien virus corona.

5. Najwa Shihab & Musisi Indonesia

Najwa Shihab melakukan penggalangan dana bersama musisi Indonesia menggelar konser dalam channel YouTubenya, dengan menyanyikan lagu Rumah Kita secara bergantian sembari mengajak untuk berdonasi di crowdfunding. Sejumlah musisi yang tergabung diantaranya adalah Ari Lasso, Ariel Noah, Achmad Albar, Andien, Afgansyah Reza, Anji, Armand Maulana, Yura Yunita, Kaka Slank, Anggung, Tompi, dan masih banyak lagi.Hasil dari konser #dirumahaja ini akan disumbangkan untuk mengurangi wabah pandemi yang terjadi.

Tentu, banyak lagi beberapa influencer yang masih terus berusaha berkontribusi untuk memerangi pandemi yang tengah dihadapi. Hal ini membuktikan bahwa banyak anak muda yang peduli dan mau mendukung pemerintah menangani masalah wabah Corona.

Kira-kira, apa yang bisa kamu lakukan #dirumahaja?

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!

Wahyu Septiadi Hutomo