Perundungan Siber Kian Merajalela, Awas Netizen Muda Sasarannya!

KANDHANI.COM – Isu perundungan siber a.k.a cyberbullying melalui media online, pada anak-anak usia remaja makin menjadi perhatian. Fenomena cyberbullying ini sama aja dengan bullying terhadap fisik maupun psikis yang membedakan hanyalah tempatnya. Jika bullying dilakukan secara langsung, cyberbullying ini dilakukan di dunia maya yaitu di media sosial. Cyberbullying dapat berbentuk berupa ejekan, hinaan, cacian ataupun hacking.

Menurut pemenang ketiga Pemilihan Ketua Osis terbaik se-Kota Semarang, Muhammad Faiq, tentang apa itu cyberbullying, “Suatu tindakan dimana seorang merasa dirinya dipojokkan atau merasa diancam.”, begitu katanya. Yup, cyberbullying bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh seseorang yang suka berkomentar negatif lewat media sosial, tidak perlu bertatap muka langsung dan komentar itupun diterimanya juga sangat cepat.

 

Dampak perundungan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Clinica Pieri, Med.Adolescente (@clinicapieri) on

Banyak yang tidak menyadari dampak terhadap korban cyberbullying. Terutama dalam psikologisnya, luka batin yang didera jauh lebih berat daripada luka fisik. Salah satu pelajar menyatakan pendapatnya saat ditemui tim Kandhani. “Dampak dari cyberbullying ini bisa menyebabkan seseorang depresi, melakukan hal-hal yang merugikan dirinya dan bahkan dari kasus-kasus yang saya baca, ada beberapa yang sampai bunuh diri.” jelasnya. Dan mengapa sih mereka melakukan cyberbullying? “Biasanya saya dengar mereka ini ingin balas dendam, merasa iri dan yang terakhir mereka mendapat kepuasan dari diri sendiri setelah melakukan cyberbullying itu”,tutur Ganis siswi SMAN 3 Semarang.

Adanya media sosial saat ini bisa memudahkan semua orang untuk melakukan sesuatu apapun sesuai keinginan, akan tetapi banyak juga yang menggunakan media sosial tidak dengan sepantasnya. Dulu ada pepatah ‘Mulut Mu Harimau Mu’ sekarang di jaman now ini muncul pepatah ‘Jari Mu Harimau Mu’. Ayo, dimulai dari diri sendiri untuk bisa lebih bijak memanfaatkan media sosial dan stop cyberbulling.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Sheila Zalfatika

Editor : Wildan Namora