Serunya Menikmati Pesona Air Terjun Ngadiloyo di Magetan

KANDHANI.COM – Ada yang sudah pernah berkunjung ke Magetan di Jawa Timur? Kabupaten Magetan ternyata menyimpan banyak potensi pariwisata, lho. Terutama buat kalian yang penat dengan padatnya suasana kota, cobalah mampir berlibur ke Magetan. Salah satu objek wisata menarik yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Ngadiloyo.

 

Air Terjun Ngadiloyo dikenal juga dengan nama Air Terjun Tirtosari. Nama Tirtosari belakangan baru digunakan saat pengelolaan kawasan air terjun ini mulai dipegang oleh pemerintah. Ada mitos yang berkembang di tengah masyarakat setempat tentang air terjun ini. Kabarnya, kalau membasuh wajah dengan air di Ngadiloyo, kalian bisa jadi awet muda dan terlihat lebih cantik/tampan.

 

Pemandangan Serba Hijau di Sepanjang Perjalanan

Lokasi Air Terjun Ngadiloyo berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Air terjun ini berada di sebelah barat daya Telaga Sarangan. Dari pusat Kabupaten Magetan, Air Terjun Ngadiloyo bisa dicapai menggunakan mobil atau sepeda motor dengan rute menuju ke Telaga Sarangan terlebih dahulu. Jarak perjalanan yang harus ditempuh sekitar 15 kilometer.

 

Walaupun sudah teraspal dengan baik, jalan yang dilalui akan berkelok-kelok dan naik turun. Dibutuhkan ekstra fokus saat berkendara. Jangan memacu kendaraan terlalu kencang. Selain agar lebih aman, kalian bisa sambil menikmati indahnya pemandangan alam Magetan yang terhampar di sisi kiri dan kanan jalan.

 

Sesampainya di Telaga Sarangan, perjalanan masih harus dilanjutkan sekitar 2,5 kilometer untuk menuju Air Terjun Ngadiloyo. Kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor pribadi, ojek, atau berjalan kaki sampai ke gapura utama air terjun yang berada di dekat Monumen Pesawat Tempur. Nantinya di loket yang berada di gapura utama, terlebih dahulu kalian harus membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 / per orang sebelum melanjutkan perjalanan ke bagian dalam.

 

Butuh stamina yang baik untuk sampai ke Air Terjun Ngadiloyo. Beberapa jalur, terutama di jalan setapak, ada yang terjal dan cukup menguras tenaga. Namun hal ini bisa disiasati dengan berjalan santai sehingga tidak cepat capek. Kalian bisa jalan kaki sambil menikmati pemandangan cantik yang disuguhkan di sepanjang perjalanan menuju air terjun.

 

Ya, suguhan pemandangan di sepanjang jalan menuju Air Terjun Ngadiloyo ini memang tidak kalah menawan dengan pemandangan di rute Magetan – Telaga Sarangan tadi. Hijaunya perkebunan sayur milik warga, serta deretan pohon-pohon di hutan perbukitan memberi nuansa yang menyegarkan mata. Napas yang tersengal karena melalui jalan yang terjal bisa diatur ulang dengan berhenti di beberapa titik. Momen yang pas untuk sekalian jepret-jepret mengabadikan keindahan alam dengan kamera.

Seru-Seruan di Air Terjun Ngadiloyo

Jika sudah mendengar gemuruh air yang semakin jelas, tandanya Air Terjun Ngadiloyo sudah hampir di depan mata. Semangat! Nantinya rasa capek pasti akan langsung sirna saat melihat Air Terjun Ngadiloyo yang memukau.

 

Daya tarik utama dari wisata Air Terjun Ngadiloyo adalah ketinggian air terjunnya yang mencapai 50 meter. Airnya bersih dan jernih. Udara di Air Terjun Ngadiloyo ini juga sejuk sekali karena hutan di sekitarnya masih ditumbuhi pohon-pohon lebat seperti pinus, kayu towo, sampai pohon jabon.

 

Di kanan dan kiri air terjun sudah dibuatkan anak tangga berbahan beton sehingga memudahkan untuk mencapai ke posisi yang lebih dekat dengan air terjun. Dari undakan anak tangga ini kalian bisa berdiri menyaksikan derasnya air yang mengalir melalui celah-celah bebatuan. Mengambil beberapa foto dari titik ini juga bagus, lho.

 

Kalau mau basah-basahan, kalian bisa mencoba bermain di bawah air terjun. Rasakan sensasi segar bermain di air yang dingin dan jernih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, bagi pengunjung perempuan, disarankan jangan hanya sekedar membasuh wajah saja. Cobalah juga untuk mandi langsung dibawah pancuran air terjunnya. Katanya hal ini dipercaya bisa menambah pesona kecantikan.

 

Tertarik mencobanya? Biar makin seru, ajak keluarga atau teman-teman untuk barengan wisata ke Air Terjun Ngadiloyo Magetan ini ya.

 

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Devidhede