Walau Telah Tiada, Ini 5 Cara Rayakan Hari Ibu dengan Sederhana

KANDHANI.COM – Besok, 22 desember jadi hari perayaan untuk ibu. Bagi seorang ibu, tentunya hari ibu menjadi hari yang cukup spesial. Mengapa? Karena biasanya pada saat hari ibu, seorang anak akan memberikan hadiah atau kejutan untuk sang ibu. Tapi bagaimana jika sang ibu sudah tiada? Apakah seorang anak yang kehilangan ibunya tidak bisa lagi merayakan hari ibu? Jawabannya tentu saja bisa! Hari ibu bisa dirayakan oleh semua orang termasuk seorang anak yang ibunya telah meninggal dunia.

Lalu bagaimana cara untuk merayakan hari ibu bagi kamu yang ibunya sudah tidak lagi di dunia ini? Berikut 5 cara untuk merayakan hari ibu dikala ibu sudah tiada:

1. Berziarah ke makamnya dan mendoakan

Berziarah memang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi nggak ada salahnya kok jika kamu ingin berziarah khusus di hari ibu. Suasana juga pasti terbangun spesial karena mengunjungi rumah terakhirnya. Selain itu, kamu juga bisa memberikannya hadiah dengan mengirim doa. Apalagi jika hal tersebut dilakukan bersama dengan saudara-saudaramu, tentu akan semakin mengharukan sekaligus membahagiakan.

2. Utamakan kebahagiaan anak

 

Seorang ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, sehingga anak-anaknya tidak akan menjadi kesusahan dan merasa sedih. Jika ia masih hidup, apapun akan dilakukan untuk kebahagiaan. Jadi tetap ingat bahwa seorang ibu selalu menginginkan kebahagiaan untuk anak-anaknya.

3. Rayakan dengan “ibu” lainnya

 

Kamu tentu punya sahabat yang masih memiliki sosok ibu dihidupnya. Nah, rayakanlah hari ibu bersama mereka. Hari ibu tidak melulu dengan ibu kandung.Merayakannya bersama mentor yang kamu anggap pengganti ibu juga bisa jadi alternatif. Jangan bersedih dan tetap merayakan esensi hari ibu dengan kegiatan bermanfaat.

4. Anggap orang terdekat menjadi sosok ibu di dalam keluarga

 

Ketika sosok ibu sudah tiada, tentunya kamu akan memiliki orang yang kamu anggap menjadi ibu keduamu. Entah itu nenek, tante, budhe atau siapapun itu. Rayakanlah bersama mereka dan jadikan hari ibu menjadi harimu bersamanya.

Tempatkan sosok ibu di dalam hati setiap hari

Hari ibu hanya dirayakan setahun sekali yaitu pada 22 desember. Namun ingatlah, bahwa kenangan akan sosok seorang ibu akan ada selalu dihati setiap hari.

 

Intinya, kehilangan seorang ibu adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi, walaupun itu merupakan hal yang sangat menyakitkan dan memberi duka yang sangat dalam. Tetaplah bahagia dan semalamat hari ibu.

Makin Jadi Ngerti, Ya Kandhani Aja!


Amilia Muslichah 

Editor : Wildan Namora